Tips Mudah Mengatasi Depresi

Rossana Punya |
Tips Mudah Mengatasi DepresiSetiap orang pasti pernah mengalami yang namanya pasang surut dalam suasana hati , kadang merasa bernafsu namun kadang  lesu di hari berikutnya. Hal ini Seringkali timbul oleh hal-hal yang tak terang , dan akan segera berlalu. Depresi berat juga mampu dicirikan oleh perasaan yang tidak berkhasiat dan bersalah , dan sering disertai gejala fisik mirip susut berat badan dan sakit kepala. Dan Kadang-kadang disebabkan oleh beberapa peristiwa besar mirip perceraian atau kehilangan pekerjaan. Depresi juga dapat terjadi karena adanya gangguan fisik. Namun ada orang yang cenderung terserang depresi secara  berulang-ulang tanpa adanya karena yang jelas. Juga ada masa dimana kita mudah terkena depresi , umpamanya di masa puber , usai melahirkan , usia setengah baya atau masa pensiun.
Tips Mengatasi Depresi
Tips Mudah Mengatasi Depresi
Psikoterapi

Cara mengatasi depresi bisa dengan psikoterapi. Psikoterapi yaitu pengobatan psikologis oleh seorang terapis yang mendorong untuk membicarakan semua perasaan dan kecemasan anda , dan dapat menawarkan bantuan dan nasehat kompeten. Proses ini mampu dimulai dengan membicarakan semua kesulitan anda dengan dokter anda sendiri , hingga ke suatu psikoanalisis yang lebih luas dengan seorang spesialis. Bentuk-bentuk umum psikoterapi dijelaskan dibawah ini :
  • Terapi Kelompok
    Ini melibatkan serangkaian program , dimana si terapis memandu diskusi antara sekelompok orang mengenai suatu duduk perkara yang bersifat umum. Keuntungan terapi kelomppok ini yaitu semua anggota kelompok memperoleh  kekuatan karena mengetahui bahwa orang lain juga mempunyai duduk perkara yang sama dan mereka dapat saling belajar dari pengalaman masing-masing. Kelompok juga berperan dalam membuatkan sikap pribadi yang lebih sehat dan menjaga biar sikap ini terus berlanjut.
  • Terapi Tingkah Laku
    Biasanya digunakan untuk pengobatan phobia khusus , mirip takut terbang atau takut anjing atau laba-laba. Salah satu bentuk terapi tingkah laku yaitu desensitisasi , dimana si penderita dibantu terapis untuk mengatasi ketakutannya sedikit demi sedikit. Umpamanya dalam kasus takut terbang. Si terapis mendorong anda untuk membayangkan saat-saat sebelum suatu penerbangan , naik kereta api ke bandara , menunggu di terminal , berjalan melalui pemeriksaan paspor , naik tangga pesawat dan balasannya duduk di pesawat sementara pesawat itu lepas landas dan mendarat. Kelak jikalau anda betul-betul terbang , anda tinggal membayangkan kembali suasana ketika terapi sehingga tidak lagi mersa takut.
Suatu cara lain disebut flooding , berbentuk menghadapkan pribadi si penderita dengan pengawasan terapis , pada obyek ketakutan dalam bentuk yang ekstrim. Misalnya mendatangi sangkar seekor anjing sebagai pengobatan ketakutan pada anjing. Mengalami pribadi hal terburuk anda bahwa bahaya yang dicemaskan itu sesungguhnya hanya dibesar-besarkan. Kedua metode itu hanya boleh diterapkan dibawah bimbingan seorang terapis yang terlatih.
  • Psikoanalisis
    Bentuk psikoterapi ini , yang menganggap bahwa banyak perilaku insan yang terbentuk dari konflik-konflik di masa kecil , berkembang pada final era 19 dan awal era 20. Psikoanalisis melibatkan serangkaian pertemuan dengan seorang psikoanalisis , dimana anda didorong untuk berbicara semau anda. Sesekali si psikoanalisis akan bertanya untuk menuntun arah pikiran anda. Dengan mendengarkan apa yang anda ungkapkan , pikiran maupun perasaan anda , dia akan mampu menemukan pangkal masalah problem anda , kemudian dengan diskiusi , si analisis membuat anda dapat memahami lebih baik keadaan diri sendiri. Ini semua akan menolong anda dalam mengatasi semua konflik batin yang anda alami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui 17 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

16 Cara Menghilangkan Bau Kaki serta Menghindarnya

Cara Menghilangkan Ngantuk Waktu Bekerja