10 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi

Rossana Punya |
Manfaat Buah Nanas. Nanas atau nenas ialah semacam tumbuhan tropis yang datang dari Brasil , Bolivia , dan Paraguay. Nanas memiliki nama latin Ananas comosus dan termasuk juga dalam famili Bromeliaceae. 

Buah nanas mempunyai aroma yang begitu khas dan tajam dengan rasa kombinasi asam dan manis tetapi begitu beri kesejukan lantaran kandungan airnya yang cukup tinggi. Terkecuali dikonsumsi lewat cara umum , nanas juga di proses jadi sebagian makanan mirip juice nanas , manisan , hingga keripik nanas. 

Terkecuali berkhasiat sebagai bahan makanan , buah nanas juga kerap digunakan sebagai bahan penyembuhan alternatif dan perawatan kecantikan. Hal semacam ini lantaran nanas memiliki kandungan banyak zat gizi dan senyawa yang diharapkan badan. 
Manfaat Buah Nanas
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Nanas kaya vitamin A dan C yang berbentuk anti-oksidan. Diluar itu juga memiliki kandungan kalsium , fosfor , magnesium , mangan , zat besi , thiamin , natrium , kalium , gula buah (sukrosa) , dan enzim bromelain , satu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga memiliki kandungan cukup banyak serat.

Kandungan Gizi Buah Nanas per 100 gram

Energi: 52 kal
Protein: 0 ,4 g
Lemak: 0 ,2 g
Fosfor: 11 mg
Zat Besi: 0 ,3 mg
Vitamin A: 130 IU
Serat: 0 ,4 g
Kalsium: 16 mg
Vitamin C: 24 mg
Karbohidrat: 13 ,7 g
Vitamin B1: 0 ,08 mg
Air: 85 ,3 g

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Bukan hanya enak dikonsumsi , buah nanas berkhasiat juga untuk kesehatan badan kita. Di bawah ini sebagian manfaat nanas untuk kesehatan.

Menurunkan Desakan Darah 

Karena kandungan kaliumnya , nanas berkhasiat menolong mengatur desakan darah tinggi. Seratnya dapat menghindar peresapan lemak di akses cerna hingga tak berlangsung penumpukan di pembuluh darah yang dapat menjadikan naiknya desakan darah.

Menurunkan Berat Badan 

Enzim proteiolitik pada nanas menghalangi peresapan lemak dalam akses pencernaan hingga terbuang berbarengan feses. Diluar itu , vitamin C-nya juga menggiatkan sistem pembakaran lemak hingga tak menumpuk didalam badan.

Menyembuhkan Asam Urat 

Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya bikin nanas berbentuk diuretik yang efisien dalam menolong menangani permasalahan asam urat. Tetapi , janganlah konsumsi nanas yang sangat masak lantaran kandungan alkoholnya bakal menjadikan kenaikan kandungan asam urat.

Menangani Masalah Pencernaan 

Kandungan serat dan vitamin C pada nanas mampu menolong sembelit dan menghalangi peresapan lemak untuk lalu dibuang keluar badan. Oh ya , enzim protease pada bromelainnya dapat mengolah protein.

Menangani perut kembung 

Nanas memiliki kandungan bromelain , satu zat yang dapat menolong memecah makanan hingga mampu kurangi kembung dalam perut. Diluar itu bromelain juga efetif untuk kurangi peradangan sesudah operasi , menyembuhkan pembengkakan hidung waktu alami infeksi sinusitis , dan kurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

Memperkuat tulang 

Nanas juga satu diantara buah yang popular untuk menolong memperkuat tulang. Kandungan mangan di dalamnya diharapkan untuk membuat susunan tulang semoga lebih padat. Anda dapat peroleh 73% keperluan mangan dengan konsumsi nanas dalam satu hari.

Mencegah batuk akhir flu dan demam 

Lantaran kandungan vitamin C yang cukup tinggi , nanas dapat menolong memerangi virus penyebabnya flu. Meskipun Anda tengah menanggung derita flu , cukup efisien memakai nanas sebagai obat alami. Yaitu bromelain didalam nanas yang menolong memperlancar dahak hingga batuk segera pulih.

Melindungi kesehatan gigi 

Manfaat buah nanas mampu melindungi kesehatan gigi , ini lantaran buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang mampu menolong mencegah plak pada gigi juga penyakit gusi.

Menangani sembelit 

Sembelit mampu karena alasannya ialah kurangnya makanan memiliki serat. Makanan yang memiliki kandungan serat mampu berbentuk buah-buahan , salah nya ialah nanas. Langkahnya , minum juice buah nanas. Tentukan buah nanas yang tidaklah terlalu masak. Tentukan buah nanas yang masihlah asam.


Memperkuat kekebalan badan 

Manfaat nanas yang satu ini bersumber dari kandungan asam amino esensial ataupun non-esensial yang ada didalam buah berwarna kuning cerah ini. Ke-2 senyawa itu memanglah telah lama di kenal ampuh memperkuat kekebalan badan dan menolong badan menangani rasa capek.

Melindungi kesehatan kulit 

Buah nanas mampu dipakai untuk menangani permasalahan peradangan kulit. Langkahnya , ambillah 1/2 sisi buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya lantas parut. Gunakan hasil parutan nanas untuk menggosok-gosok sisi kulit yang terkelupas dan bersisik. Kerjakan acara ini ketika malam hari sebelumnya tidur. Besok harinya , baru dicuci.

Walau mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan , namun tak mampu terlalu berlebih dalam konsumsi nanas. Lantaran nanas memiliki kandungan asam oskalat yang tinggi yang jikalau dikonsumsi terlalu berlebih mampu menjadikan pembentukan batu ginjal. Diluar itu , kandungan gulanya yang tinggi dapat beresiko jikalau dikonsumsi terlalu berlebih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui 17 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

16 Cara Menghilangkan Bau Kaki serta Menghindarnya

Cara Menghilangkan Ngantuk Waktu Bekerja