18 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Rossana Punya |
Manfaat Buah Semangka. Semangka (Citrullus lanatus) yaitu buah berkulit keras dengan warna hijau pekat kadang kala muda dibarengi larik-larik hijau tua. Daging merah ada yang berwarna merah dan kuning , bergantung type kultivarnya. Semangka yaitu buah yang tahan hidup di daerah tandus bila tengah masuk ketika pembentukan buah.

Buah ini memiliki cita rasa manis dan memberi sensasi kesejukan bagi tenggorokan sepanjang animo panas. Di segi lain tanpa ada sepengetahuan insan buah ini berbentuk sebagai anti-oksidan yang menolong organ pada badan bekerja mirip harusnya.

Semangka yaitu sumber anti-oksidan fenolik yang juga kaya karotenoid , likopen dan E-cucurbitacin (satu triterpen fitonutrisi anti-inflamasi dan asam amino , citrulline). Di bawah ini nilai gizi yang terdapat dalam 100 gr buah semangka.

Kalori : Pada satu cangkir buah semangka yang dipotong-potong bentuk dadu cuma memberi 46 kalori pada badan , sesaat jumlah kalori per 100 gr nya hanya 30 kalori.

Karbohidrat : Semangka sediakan sekitaran 7 , 5 gr karbohidrat di tiap-tiap 100 gr buahnya. Semangka juga memiliki kandungan gula alami berjulukan fruktosa yang disebut senyawa pencipta rasa manis pada daging buah.

Serat : Kandungan serat pada buah semangka begitu pas untuk dikonsumsi ketika Anda berusaha turunkan berat tubuh , lantaran supply serat diet dari buah semangka meraih 0 , 4 gr.

Vitamin : Buah semangka yaitu sumber vitamin B6 (phridoksin) , vitamin B1 (tiamin) dan vitamin C yang keseluruhannya bakal mensuplai keperluan vitamin badan harian meraih 19% atau 569 mg.

Mineral : Semangka jadi satu diantara sumber potassium paling banyak di banding buah-buahan lain yang mampu menolong mengatur desakan darah. Diluar itu mineral lain yang ada dalam buah semangka yaitu mangan , manfaatnya untuk metabolisme dan bangun susunan tulang.

Likopen : Senyawa ini tersimpan banyak dalam buah semangka. Tiap-tiap 100 gr buah semangka fresh ada 4. 532 mg likopen yang tambah lebih tinggi di banding jumlah 2. 573 mg likopen dalam buah tomat.

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka

Semangka yaitu satu diantara buah meja yang disukai semua anggota keluarga. Rutinitas makan buah semangka setelah makan tanpa ada diakui menolong tingkatkan system kekebalan badan. Ini berlangsung lantaran tadi sudah diterangkan perihal banyak kandungan yang tertanam dalam buah semangka.

Untuk mengetahui lebih akrab mengenai kelebihan buah ini , tersebut sudah kami kumpulkan dari Health Beckon perihal manfaat buah semangka untuk kesehatan.

1. Kesehatan Jantung
Semangka dinobatkan sebagai makanan yang mampu melindungi kesehatan jantung. Sertifikat itu didapatkan dari The American Heart Association yang sudah memiliki pengalaman mulai semenjak lama untuk mempelajari lebih jauh perihal organ jantung insan dari mulai nutrisi yang baik untuk jantung dan penyembuhan penyakit yang terkait dengan jantung.

The American Heart Association juga tak sembarang menentkan , mereka sudah temukan tingginya kandungan kalium dalam buah semangka yang disebut komponen utama dari sel dan cairan badan untuk mengontrol detak jantung dan desakan darah. Tahu hal itu , pasti semangka tawarkan perlindungan pada stroke dan penyakit jantung koroner.

2. Mencegah Berbagai Jenis Kanker
Tadi dijelaskan kalau semangka yaitu sumber likopen yang lebih tinggi di banding buah-buahan dan sayuran fresh lain. Likopen ini yaitu anti-oksidan kuat yang dapat menetralisir radikal oksigean yang berperan lebih maksimal dari pada beta-karoten dan vitamin E.

Beberapa peneliti juga temukan kekuatan semangka dalam perjuangan menghindar kanker payudara , prostat , endometrium , paru-paru dan kanker usus besar. Kaprikornus bila Anda tidak mau menderita satu diantara penyakit kanker tsb , banyaklah mengkonsumsi bermacam olahan semangka.

3. Menetralkan Tekanan Darah Tinggi
Studi kecil pada pemanis ekstrak semangka tunjukkan keefektifitasannya dalam menormalkan desakan darah tinggi pada orang gemuk dan 1/2 baya. Dengan kalium dalam semangka penyakit hipertensi bahkan juga stroke mampu dikurangi resiko terburuk alami penambahan.

4. Membuat Tidur Nyenyak
Semangka juga menolong Anda tidur tambah lelap lantaran kandungan karbohidrat polisakarida di dalamnya mampu tingkatkan kandungan seretonin. Terjadinya penambahan kandungan seretonin ketika tidur pada malam hari bikin otak Anda tak peka pada rangsangan yang mengganggu mirip nada , hingga tidur Anda lebih berkwalitas.

Jika Anda menginginkan membuktikannya , setelah makan malam mengkonsumsi sebagian potong buah semangka lalu tidur sebelumnya jam 11 : 00 malam. Beberapa peneliti juga memberikan kalau mengkonsumsi buah semangka sebelumnya tidur mampu perpanjang bagian tidur pulas sebesar 27%.

5. Memperlancar Sirkulasi Darah
Buah ini mampu memperlancar system peredaran darah. Hal semacam ini dihubungkan dengan kandungan arginin dalam semangka yang mampu tingkatkan oksida nitrat , hingga pembuluh darah bekerja lebih efisien untuk mengalirkan darah dan menyembuhkan dan menghindar disfungsi ereksi.

6. Menurunkan Berat Badan
Rasa manis yang dibuat dari buah ini akan tidak memengaruhi keadaan kesehatan Anda. Diluar itu buah semangka tak rendah kalori dan nyaris tak memiliki kandungan lemak maupun cholesterol yang condong menyebabkan berat tubuh bertambah.

Bahkan juga lantaran terjadinya penambahan konsentrasi argini dalam darah setelah mengkonsumsi semangka mampu berikan keuntungan bagi Anda yang menginginkan peroleh badan langsing dengan langkah turunkan berat tubuh dengan cara perlahan-lahan.

7. Meredakan Nyeri Otot
Konsumsi semangka begitu efisien untuk kurangi rasa sakit yang dibuat ketika alami nyeri dibagian otot. Hal semacam ini jadikan buah semangka sebagai makanan yang direferensikan pada beberapa atlet setelah latihan keras.

Kandungan citrulline dalam buah semangka bakal dikonversi jadi L-arginine , asam amino dan lemak esensial yang menolong kurangi nyeri otot pasca-latihan hingga hari-hari selanjutnya.

8. Diuretik Alami Untuk Penderita Gagal Jantung Kongestif
Semangka merpakan diuretik alami , yakni obat yang sangat mungkin ginjal untuk keluarkan urin semakin banyak , yang pada gilirannya bakal menolong menyingkirkan keunggulan cairan pada badan. Obat diuretik kerap diberikan pada pasien yang menderita tidak berhasil jantung kongestif baik berbentuk larutan maupun pil. 

Khasiat Semangka Untuk Perawatan Kulit

Banyak klinik kecantikan yang memakai product perawatan memiliki bahan basic semangka. Hal semacam ini lantaran buah semangka sarat dengan vitamin yg tidak membahayakan semuanya type kulit dan sifatnya sebagai anti-oksidan mampu memberi tugas untuk kesehatan kulit sebagai berikut.

9. Membuat Kulit Tetap Sehat
Seperti yang diterangkan terlebih dulu , semangka yaitu buah yang beri kesejukan lantaran di dalamnya begitu banyak terkandung air hingga badan terhidrasi dengan baik.

Hal sekian menolong tingkatkan produksi kolagen yang bikin kulit tetaplah. Untuk mengaplikasikannya Anda dapat coba ritual tersebut :
  1. Parut daging buah semangka dan menimbulkan jus.
  2. Berikan di wajah dan biarlah 15 menit.
  3. Lalu bersihkan memakai air hangat terlebih dulu , lalu pakai air dingin.

Kemudian menghadaplah ke kaca dan saksikan pergantian faktual pada kulit muka Anda kurun waktu singkat.

10. Mencegah Penuaan
Sebagai sumber anti-oksidan yang kuat mirip likopen , vitamin C dan vitamin A telah harusnya menolong badan melawan radikal bebas. Begitu permasalahan yang mampu jadikan kulit keriput , muncul garis-garis halus dibarengi bintik-bintik bakal terhindari.

11. Mengurangi Pengaruh Buruk Sinar Matahari
Minum dua cangkir jus semangka setiap hari serta memoleskan jus semangka pada kulit Anda mampu kurangi efek negatif atau dampak jelek yang muncul akhir kulit terserang paparan sinar matahari hingga 40%.

12. Mengatasi Kulit Wajah Beminyak
Vitamin A dalam buah semangka bakal memperkecil ukuran pori-pori di wajah dan kurangi produksi minyak berlebihan dalam kelenjar sebaceous. Bila Anda menginginkan cobanya , campur juice semangka dengan daun mint yang sudah dihaluskan , lalu masukan dalam freezer almari es hingga berupa sebongkah es batu. Kemudian gosokkan di wajah Anda , perawatan ini bakal mengecilkan ukuran pori-pori di wajah sekalian menentramkan kulit.

13. Mengobati Jerawat
Berikan jus semangka ke semua kulit muka memakai kapas , kemudian diamkan 15 menit. Bila telah bersihkan dengan air cuek terlebih dulu , lalu air cuek supaya kotoran yang terangkat tak masuk lagi.

Bila Anda tidak mau ribet , cari product perawatan muka berjerawat berbahan semangka dan madu atau yoghurt. Kombinasi ke-2 bahan itu mampu menyingkirkan infeksi dan menghindarnya muncul kembali.

Manfaat Buah Semangka Untuk Rambut

Sebagian vitamin dan mineral dalam buah semangka memberi manfaat juga bagi kesehatan rambut , tersebut sebagian salah satunya :
  • Mencegah rambut rontok.
  • Memperkuat rambut yang rapuh.
  • Mengatasi rambut kering menjadi tahan basah dalam waktu lama.
  • Menyuburkan dan mempercepat proses tumbuh rambut.
  • Pelembab yang sempurna untuk rambut.

Semangka Selama Kehamilan

Banyak ibu hamil yang bertanya
"apakah aman bila mengonsumsi semangka selama masa kehamilan?"
Pastinya , ibu hamil memerlukan konsumsi nutrisi lebih untuk dianya dan janin yang dikandungnya. Dengan makan buah semangka bakal memberi hidrasi yang diperlukan dan kurangi sebagian resikonya yg tidak nyaman ketika hamil.

Kandungan vitamin A , C dan B6 , dan mineral mirip kalium dan magnesium dalam semangka begitu utama untuk pengembangan otak , saraf dan system kekebalan badan bayi dalam rahim. Di segi lain , kalium bakal mengatur keseimbangan cairan dalam darah dan jaringan badan sepanjang kehamilan.

Penuhi keperluan nutrisi waktu hamil bakal menolong meredakan rasa capek waktu hamil , kurangi rasa mual dan morning sickness yang mungkin saja berlangsung. Gabungan pada kalium dan magnesium juga dapat kurangi kram otot yang dikarenakan oleh trimester ketiga kehamilan.

The American Pregnancy Association merekomendasikan semuanya bumil untuk mengkonsumsi minimum tiga irislah buah semangka setiap hari. Namun ada pula penambahan dari “International Journal of Gynecology dan Obstetrics” , keunggulan mengkonsumsi makanan tinggi likopen mirip semangka mampu kurangi resiko pengembangan preeklampsia sepanjang kehamilan.

Keadaan itu mampu kurangi efek negatif yang cukup serius pada sang ibu dan bayi yang diakndungnya. Mengonsumsi badan dengan likopen berlebihan waktu hamil bakal kurangi resiko bayi alami kelambatan tumbuh kembang dalam kandungan.

Begitu mampu diambil kesimpulan kalau semangka betul-betul aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui 17 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

16 Cara Menghilangkan Bau Kaki serta Menghindarnya

Cara Menghilangkan Ngantuk Waktu Bekerja